EKSTRA KURIKULER WAJIB PRAMUKA SDN 12 CANDI REJO
Diposting oleh : Kaharudin (regular) | Tanggal : Minggu, 26 Maret 2017

Peserta Mengikuti Kegiatan Sosialisasi K13 Ekstrakurikuler Wajib Pramuka.

Kelompok Kerja Guru Sekolah Inti SD Negeri 012 Candirejo Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Pasir Penyu, melaksanakan sosialisasi Ekstrakurikuler Wajib dalam rangka persiapan Tahun Pelajaran  2017/2018 di SD Negeri 004 Candirejo pada hari Sabtu tanggal 25 Maret 2017 yang hadiri oleh guru dan Kepala Sekolah, dengan narasumber Kak Kaharudin, hal ini di sampaikan oleh Sekretaris KKG Kak Abdul Komar, S.Pd.I beliau juga merupakan sekretaris Kwarran Gerakan Pramuka Pasir Penyu.

Ekstrakurikuler Wajib sebagaimana yang diamanatkan didalam Peraturan Menteri nomor  81A tahun 2013, "Ekstrakurikuler wajib merupakan program ekstrakurikuler yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik, terkecuali peserta didik dengan kondisi tertentu yang tidak memungkinkannya untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. Dalam Kurikulum 2013, Kepramukaan ditetapkan sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib dari sekolah dasar (SD/MI) hingga sekolah menengah atas (SMA/SMK), dalam pendidikan dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Pelaksananannya dapat bekerja sama dengan organisasi Kepramukaan setempat/terdekat.".

Dan Peraturan Menteri nomor 63 tahun 2014 tentang  Pendidikan Kepramukaan Sebagai Ekstrakurikuler Wajib, di dalam permen ini menjelaskan ada tiga model; "1.Model Blok adalah pola kegiatan Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib yang diselenggarakan pada awal tahun ajaran baru. 2. Model Aktualisasi adalah pola Pendidikan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali. 3.Model Reguler adalah Diikuti oleh siswa yang berminat mengikuti kegiatan gerakan pramuka di dalam gugusdepan, dan Pelaksanaan kegiatan diatur oleh masing-masing gugusdepan".

Dilihat 94 kali.