Kwarda Riau terima donasi bumbung kemanusiaan bencana alam dari Kwarcab Kota Pekanbaru
Diposting oleh : Ir One (admin) | Tanggal : Rabu, 03 Februari 2021
Ketua Kwarda Riau diwakili oleh Wakil Ketua bidang abdimasgana dan lh Kak Joko Pujiono menerima donasi bumbung kemanusiaan korban bencana alam dari Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Wakil Ketua bidang abdimasgana dan lh Kak Ario Wibowo pada Rabu, 03/02/2021 di aula Kantor Kwarda Riau.
PEKANBARU, KWARDARIAU.ORG - Bencana alam gempa bumi yang terjadi di Sulawesi Barat dan bencana banjir di Kalimantan Selatan beberapa waktu lalu menjadi perhatian semua pihak, salah satunya dari Gerakan Pramuka khususnya Kwartir Cabang Kota Pekanbaru. Sebagai bentuk wujud pengamalan dasa darma yang kedua cinta alam dan kasih sayang sesama manusia dan dalam rangka meringankan beban korban bencana alam, Kwartir Cabang Kota Pekanbaru bersama Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kota Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan penggalangan dana berupa bumbung kemanusiaan yang dimulai tanggal 21 Januari s.d 2 Februari 2021.

Donasi yang telah terkumpul dari kegiatan bumbung kemanusiaan diserahkan oleh Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Wakil Ketua bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup Kak Ario Wibowo kepada Ketua Kwarda Riau yang diwakili oleh Wakil Ketua bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup Kak Joko Pujiono pada Rabu, 03/02/2021 bertempat di aula Kantor Kwarda Riau.

Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Wakil Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru Kak Ario Wibowo dalam laporannya menyampaikan “Kwarcab Kota Pekanbaru telah melaksanakan kegiatan bumbung kemanusiaan dengan rangkaian kegiatan pertama melaksanakan apel siap siaga bencana pada tanggal 20 Januari 2021, melaksanakan penggalangan donasi di tempat-tempat keramaian pada tanggal 21 s.d 31 Januari 2021, Kwartir Ranting Gerakan Pramuka se-Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan penggalangan donasi di wilayah masing-masing pada tanggal 21 Januari s.d 2 Februari 2021 dan Kwarcab telah melaksanakan kegiatan bumbung kemanusiaan secara serentak di 10 pasar yang ada di Kota Pekanbaru”.

“Berdasarkan data yang telah diperoleh dan perhitungan dana yang telah terkumpul sampai tanggal 3 Februari 2021 diperoleh donasi sebesar Rp. 67.179.300” kata Kak Ario Wibowo. “Alhamdulillah, donasi ini berasal dari penggalangan dana dari Kwarcab Kota Pekanbaru dan Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru” tambah beliau.

“Kemudian, dapat kami laporkan bahwa dari jumlah dana yang terkumpul sebanyak Rp. 67.179.300 tadi, berdasarkan instruksi ada perubahan skema, pada awalnya Kwarcab ingin menyerahkan seluruh donasi kepada Kwarda Riau untuk diteruskan ke Kwarnas atau ke daerah lokasi bencana, berdasarkan arahan Ketua Kwarcab pada kegiatan tadi pagi, beliau menyampaikan agar dana ini langsung disampaikan ke Kwarda Kalimantan Selatan dan untuk itu kami melakukan searching, ternyata dari dua Provinsi yang mengalami bencana alam yang terparah itu adalah Kalimantan Selatan, dengan 11 Kabupaten/Kota terendam sampai saat ini dan tentu akan banyak efek/dampak korban yang harus kita bantu” tambah Kak Ario Wibowo.

“Dan oleh sebab itu, dari dana Rp. 67.179.300 tadi, kita kalkulasikan donasi yang akan diserahkan ke Kwarda Riau untuk selanjutnya diteruskan ke Kwarda Sulawesi Barat sebesar Rp. 17. 197.300 plus satu buah bumbung yang belum dibuka dan belum tahu jumlahnya berapa, sementara donasi sebesar Rp. 50.000.000,- akan diantar langsung oleh Kwarcab Kota Pekanbaru yang difasilitasi oleh Pemko Pekanbaru ke daerah Kalimantan dan akan diserahkan langsung ke Kwarda Kalimantan Selatan. Insya Allah jadwalnya secepatnya di akhir bulan Februari 2021” jelas Kak Ario Wibowo.

Ketua Kwarda Riau yang diwakili oleh Wakil Ketua bidang pengabdian masyarakat, penanggulangan bencana dan lingkungan hidup Kak Joko Pujiono menyampaikan apresiasi atas kegiatan bumbung kemanusiaan untuk korban bencana alam yang telah dilaksanakan oleh Kwarcab Kota Pekanbaru. “Kami dari Kwarda Riau tidak tinggal diam, tidak hanya mengirimkan surat ke Kwartir Cabang se-Daerah Riau untuk penggalangan dana, namun juga bergerak melalui Satgas Pramuka Peduli melaksanakan aksi penggalangan dana melalui bumbung kemanusiaan yang ditempatkan di 17 titik di cafe, rumah makan, restoran di Pekanbaru” kata Kak Joko.

“Aksi penggalangan dana melalui bumbung kemanusiaan yang dilakukan oleh Kwartir Cabang se-Daerah Riau, Kwarda Riau berharap donasi yang telah terkumpul di Kwarcab, pelaporannya satu pintu ke Kwarda Riau, teknis penyerahan donasi bisa diserahkan langsung oleh Kwarcab ke daerah bencana bisa juga melalui Kwarda Riau, sehingga nanti kita satu pelaporan bahwa aksi bumbung kemanusiaan se-Kwarda Riau dapat diketahui berapa jumlahnya, itu harapan kita” tambah Kak Joko.

“Ini adalah aksi kita bersama, bukan hanya Kwarda Riau tetapi aksi Gerakan Pramuka se-Daerah Riau. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih dan Kwarcab Kota Pekanbaru merupakan Kwarcab yang pertama kali menyerahkan donasi bumbung kemanusiaan untuk korban benacana alam Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan kepada Kwarda Riau” kata Kak Joko.

Hadir saat penyerahan donasi, Sekretaris Kwarda Riau Kak Indra Irianto, Ketua Satgas Pramuka Peduli Kwarda Riau Kak Lukman Hakem, Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru Kak Toni Werdiansyah, Sekretaris Kwarcab Kota Pekanbaru Kak Deny Rendra, Andalan Cabang Kota Pekanbaru Kak Abdul Haris, Kak Ruswan, Kak Rizky Armando Siregar dan perwakilan Kwartir Ranting se-Kota Pekanbaru.

Dilihat 234 kali.