Foto bersama setelah penyerahan Al-qur'an dan santunan kepada anak yatim dalam acara pembukaan Semarak Ramadhan III Kwarda Riau 1442 H di Mesjid Raya Nurul Huda Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar
TAMBANG,KWARDARIAU.ORG-–Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Riau melalui Dewan Kerja Pramuka Penegak dan Pandega (DKD) melaksanakan kegiatan semarak Ramadhan III yang dilaksanakan pada tanggal 28 April s.d 2 Mei 2021. Acara dibuka oleh Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan, S.H pada Jum’at (30/04/2021) bertempat di Mesjid Raya Nurul Huda Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar.

Ketua Sangga Kerja Rian Sugianto dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk penerapan isi salah satu Tri Satya Pramuka yakni ikut serta membangun masyarakat dan penerapan bina masyarakat yang bertajuk berbagi, berbakti dan berprestasi.

“Kegiatan berbagi terdiri dari pemberian Al-qur’an dan santunan kepada 40 (empat puluh) anak yatim dan buka bersama, kemudian kegiatan berbakti terdiri dari gotong royong di lingkungan Mushalla, pembuatan taman bacaan, dan pembuatan mural dan terakhir kegiatan berprestasi diisi dengan kegiatan lomba adzan, mengaji, hafalan surat pendek, pidato, dan rangking 1 yang diikuti oleh anak-anak yang ada di Dusun I dan II Desa Kuapan” kata Rian.

Kepala Dusun I Desa Kuapan mewakili masyarakat setempat Datuk Afrijon mengucapkan Selamat Datang dan terimakasih atas dipilihnya Desa Kuapan sebagai tempat kegiatan Semarak Ramadhan III Kwarda Riau tahun 1442 H.

“Kami baru pertama kali dikunjungi oleh Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Riau dan Kwarcab Kampar dan kami ucapkan terimakasih atas kunjungan dan telah membuat acara di Desa kami, mudah-mudahan ke depannya kerjasama Kwarda Pramuka Riau dengan Desa Kuapan bisa lebih baik lagi” kata Datuk Afrijon.

Ketua Kwarcab Kampar Kak Yuyun Hidayat, ST.,M.Sc menyampaikan ucapan terimakasih atas dipilihnya Kwarcab Kampar sebagai tempat kegiatan Semarak Ramadhan III tahun 1442 H.

“Terimakasih kepada Kwarda Gerakan Pramuka Riau telah memilih Kwarcab Gerakan Pramuka Kampar sebagai tempat acara Semarak Ramadhan III tahun 1442 H dari DKD Riau, mudah-mudahan ini bisa menjadi hasil yang luar biasa kepada kami dan saya berharap adik-adik Pemuda bisa belajar dari keharmonisan antara Pramuka dengan masyarakat, Pramuka bagian dari masyarakat, mari kita bersama-sama sukseskan kegiatan ini, Insya Allah mudah-mudahan ini bukan yang terakhir kali Pramuka datang ke Desa Kuapan tetapi Insya Allah berkelanjutan. Aamiin ya rabbal ‘alamiin” kata Kak Yuyun.

Ketua Kwarda Riau Kak H.M.Azaly Djohan, S.H dalam sambutannya menyampaikan “Alhamdulillah dalam bulan yang penuh berkah ini, Kwarda Riau dapat menyelenggarakan Semarak Ramadhan yang Insya Allah rutin dilaksanakan setiap bulan Ramadhan”.

“Disamping sebagai wujud pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka, juga diharapkan dapat membantu sesama, saling silaturrahmi sehingga Insya Allah kita mendapat ganjaran pahala di bulan yang penuh berkah ini” kata Kak Azaly.

“Sesuai dengan tema kegiatan yaitu “Berbagi, Berbakti dan Berprestasi, kegiatan diisi dengan kegiatan yang positif, menarik serta kreatif sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka” tambah beliau.

“Pada kesempatan ini, saya selaku Ketua Kwarda Riau mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah Desa Kuapan, tokoh masyarakat, Pengurus Mesjid dan Musholla, pemuda yang banyak membantu adik-adik kami dalam melaksanakan kegiatan Semarak Ramadhan. Dan juga kepada donatur yang telah membantu kegiatan ini, semoga amal bakti para donatur dibalas dengan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT” harapnya.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahiim, kegiatan Semarak Ramadhan III Kwarda Riau tahun 1442 H saya nyatakan dibuka” kata Kak Azaly membuka acara secara resmi.

Setelah acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada pihak-pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan Semarak Ramadhan yakni kepada Ketua Kwarcab Kampar, Pemerintah Desa Kuapan melalui Kepala Dusun I dan II, Pengurus Mesjid Raya Nurul Huda Desa Kuapan, Ikatan Pemuda, Mahasiswa dan Pelajar Dusun I dan II Desa Kuapan dan dilanjutkan pemberian santunan dan Al-qur’an kepada 40 orang anak yatim.

Hadir pada saat pembukaan, Wakil Ketua Kwarda Riau bidang binamuda Kak Jon Haril, M.Pd, Wakil Ketua bidang abdimasgana dan LH Kak Joko Pujiono, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama Desa Kuapan, Andalan Kwarda Riau Kak Rasul Pratama, Kak Linda Usmayati, Pengurus Kwarcab Kampar, Pengurus DKD Riau, Pengurus DKC Kampar, Staf Kwarda Riau Irwan Yuliadi, Mastomi, Staf Kwarcab Kampar, Pemuda, Pelajar Desa Kuapan dan undangan lainnya.

Dilihat 218 kali.